Wisata Alam Bondowoso

1/01/2016
Kabupaten Bondowoso, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Bondowoso. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Kabupaten Jember di selatan, serta Kabupaten Probolinggo di barat. Ibukota kabupaten Bondowoso berada di persimpangan jalur dari Besuki dan Situbondo menuju Jember.

Kabupaten Bondowoso dapat dibagi menjadi tiga wilayah: Wilayah barat merupakan pegunungan (bagian dari Pegunungan Iyang), bagian tengah berupa dataran tinggi dan bergelombang, sedang bagian timur berupa pegunungan (bagian dari Dataran Tinggi Ijen). Bondowoso merupakan satu-satunya kabupaten di daerah Tapal Kuda yang tidak memiliki garis pantai.

Wisata Bondowoso sama seperti kabupaten lainnya di wilayah tengah Jawa Timur, yaitu pemandangan alam, kerajinan, situs purbakala dan sebagainya.Berikut berbagai Tujuan Tempat Wisata di Bondowoso Jawa Timur yang wajib dikunjungi :

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen terletak di puncak Gunung Ijen yang merupakan salah satu dari rangkaian gunung berapi di Jawa Timur seperti Bromo, Semeru, dan Merapi. Gunung Ijen terletak di sebelah timur Gunung Merapi (di Jawa Timur juga terdapat gunung yang memiliki nama yang sama dengan gunung di Jawa Tengah yaitu Gunung Merapi). Kawasan Wisata Kawah Ijen atau Cagar Alam Taman Wisata Ijen terletak di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.

Kawah Ijen terletak di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Yang menarik adalah kawah ini terletak di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa. Ukuran kaldera sekitar 20 kilometer. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter dengan kedalaman 200 meter. Kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera.

2.Gunung Raung

Gunung Raung termasuk dalam deretan Pegunungan Ijen, tepatnya di desa Sumber Wringin Kecamatan Sumber Wringin. Gunung Raung memiliki pemandangan yang menarik serta hamparan flora dan berbagai jenis satwa. Wisata ini sangat menarik dan menantang, khususnya wisatawan yang mengemari pendakian gunung. Gunung ini terletak pada ketinggian 3.332 M Dpl bertipe stratovolcano dengan titik kordinat antara 8°07?30?S 114°02?30?E / 8.125°S 114.04167°E.

Hutan yang terdapat di Raung meliputi kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung ini juga merupakan Gunung kawah terbesar kedua di Indonesia setelah Gungung Tambora yang memiliki diameter sekitar ± 2 km. Para Wisatawan dapat memulai pendakian dari POS I Pesanggrahan Sumber Wringin) yang dilengkapi dengan sejumlah pemandu wisata yang siap melayani wisatawan.

3. Air Terjun Blawan

Air terjun Blawan terletak di desa Kalianyar Kecamatan Sempol, ±52 Km dari pusat Kota Bondowoso, Air terjun ini adalah hilir dari kali pahit rembesan Kawah Ijen yang penuh dengan kadar belerang serta dikelilingi oleh tumbuhan macadamia.

Selain air terjun blawan juga terdapat pemandian air panas yang juga termasuk di kawasan air terjun blawan. Ada beberapa fasilitas di sini antara lain: shelter dan hotel.

4. Air Terjun Tancak Kembar

Wana wisata air terjun Tancak Kembar Andongsari yang terletak di Desa Andongsari Kecamatan Pakem sekitar 25 km arah barat dari kota Bondowoso. Tinggi tebing air terjun ini 77 m yang berhawa sejuk terdapat pada kawasan hutan lindung dengan ketinggian 900 m dpl. 

Pemanfaatan air terjun sampai saat ini tidak hanya untuk tempat rekreasi saja, akan tetapi untuk sarana irigasi, bahkan menurut masyarakat setempat, orang yang mandi disini dapat menambah awet muda. Lokasi obyek ini didukung oleh panorama alam yang indah dan menawan untuk dinikmati oleh pengunjung, serta didukung adanya pusat penelitian kopi arabica dan cacao seluas 180 Ha.

5. Air Terjun Polo Agung

Air terjun polo ini terletak di desa sukorejo kecamatan sumber wringin, ±40 km sebelah timur Kota Bondowoso. Air terjun ini terletak di areal perkebunan milik masyarakat, ini adalah wisata yang yang baru dibuat dan dibangun pada tahun 2003 dan dikelola oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya. Ketinggian air terjun ini, ±30m yang memiliki keindahan alami dan pemandangan yang indah. Juga terdapat lembah hijau yang tidak terlalu luas.

Air terjun ini dilengkapi pula oleh 3 buah shelter yang ditempatkan disekeliling lokasi. Para Wisatawan dapat mengunjuni tempat ini dengan menggunakan sarana transportasi umum, tetapi untuk mencapai lokasi air terjun harus berjalan kaki.

6. Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit

Perkebunan kopi Jampit, merupakan agro wisata di Bondowoso yang dikelolah oleh PTP Nusantara VII Kalista Jampit. Perkebunan ini terletak 74 Km kearah timur kabupaten Bondowoso. Perkebunan ini memiliki luas 4000 hektar dan terletak pada ketinggian 900 M dari permukaan laut. Selain menawarkan suasana hijau dan sejuk, setiap pengunjung yang datang juga bisa menyaksikan secara langsung proses penggilingan hingga pengemasan kopi arabika sampai akan dipasarkannya. 

Selain menikmati hal-hal berbau kopi, terdapat fasilitas lain yang ditawarkan seperti, menikmati taman bunga, memancing, renang, tenis atau hanya bersantai dan menikmati sejuknya suasana. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan luar biasa indah khas pegunungan. Anda beberapa kawasan homestay yang bersih dan nyaman, lengkap dengan fasilitas air panas dan selimut tebal. Salah satu yang menjadi favorit keluarga adalah sebuh rumah tua megah yang dikelilingi ratusan spesies bunga di Jampit. 

7. Bosamba Rafting

Arum Jeram Bosamba merupakan objek wisata alam yang berada di kecamatan Taman Krocok Kabupaten Bondowoso. Bosamba merupakan singkatan dari “Bondowoso – Sampean Baru”, Bosamba Rafting atau ARUM JERAM ini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Bondowoso saja, akan tetapi dinikmati juga oleh para pecinta olah raga arum jeram dari daerah lainnya bahkan manca negara. Akses jalan untuk menuju ketempat ini sangat mudah hanya berjarak sekitar 2 km dari jalan provinsi kecamatan wonosari. Karakter sungai Sampeanbaru bertebing, berbelok dan berbatu. Sumber air yang berasal dari gunung putri ini panjangnya ±14 km, sekitar 2 jam pengarungan. Dengan 27 jeram besar dan kecil yang akan menguji adrenalin. Dipandu oleh Guide/Skiper dan Rescue profesional yang akan menemani selama pengarungan akan memberikan rasa aman dan kenyamanan ber-Arung Jeram. 

Ada 3 titik sumber air terjun di sepanjang sungai menyajikan pesona alam yang eksotis, dan goa kalelawar yang belum terjamah menjadi daya tarik dan memberikan nuansa tersendiri bagi pecinta wisata adventure arung jeram. Selain arung jeram anda juga bisa menguji adrenalin dengan bermain flying fox, paint ball, dan beberapa wahana yang ada di bosamba rafting. Kami juga melayani paket outbound, travelling dan adventure ke kawah ijen.

8. Pemandangan Arak-Arak

Obyek wisata ini terletak di jalur antara Surabaya – Bondowoso, tepatnya di Desa Sumber Canting Kecamatan Wringin dengan ketinggian ± 345m Dpl. Wisatawan dapat menikmati udara segar serta dapat melihat panorama alam yang mempesona. 

Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan transportasi umum. Para Penelusur yang melintasi jalur Surabaya – Bondowoso akan di suguhi satu pemandangan yang sangat menawan dengan udara yang segar dan nyaman.

9. Kawah Wurung

Kawah Wurung ini terletak di daerah Jampit Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso letaknya disebelah barat dari objek wisata Kawah Ijen. Disini selain kita dapat menikmati keindahan Kawah Wurung itu sendiri, kita juga dapat menikmati keindahan sabana disekitar daerah itu. Untuk Hunting atau yang gemar foto-foto disinilah surganya karena disini terdapat banyak tempat yang menabjubkan. 

Akses menuju lokasi Kawah Wurung belum begitu bagus. Jalannya berbatu dan berpasir. Bahkan di beberapa tempat terdapat genangan air sehingga jalanan menjadi becek. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan kebun kopi yang sangat luas dan pemandangan pegunungan ijen.

10. Pegunungan Hyang

Gunung Argopura (bhs jawa gunung yang panjang) merupakan salah satu puncak tertinggi (3.008 mdpl) yang termasuk di dalam deretan pegungan Hyang,yang terletak di kabupaten Probolinggo,Jawa Timur,Indonesia. Pegunungan Hyang berada diantara dua gunung besar lainnya yang ada di Jawa Timur,yakni Gunung Raung disisi timur serta Gunung Semeru di sisi barat. Pegunungan Hyang mempunyai kawasan hutan yang heterogen, terdiri dari hutan Dipterokarp bukit, hutan Dipterokarp atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung. Oleh karena sifat hutannya heterogen,maka kawasan ini juga menjadi tempat berlangsungnya hidup 10 famili jenis tumbuhan.

Selain itu berdasarkan data inventarisasi BKSDA Jatim II pada tahun 2003, juga ditemukantumbuhan obat. Kawasan hutan yang heterogen sudah tentu juga menjadi habitat berbagai jenis satwa, yang meliputi jenis mammalia (rusa,kucing hutan,kijang,musang,babi hutan,lutung), danaves ( sebanyak 46 jenis). 

11. Bendungan Sampean Baru

Bendungan Sampean Baru terletak di Desa Tapen Kecamatan Tapen ini, termasuk bangunan kuno. Dibangun sejak tahun 1983, sampai saat ini bendungan masih berfungsi dengan baik. Untuk sampai ke Bendungan Sampean Baru, hanya butuh 20 menit dari pusat kota dengan menempuh jarak sekitar 17 KM melalui jalan raya menuju arah Situbondo. 

Jalan masuk menuju bendungan cukup membuat mata segar. Pasalnya hamparan lahan sawah dan perkebunan menghiasi sepanjang area masuk. Terlebih ketika sampai di lokasi DAM, tidak cukup dengan mengutarakan kata “indah”. Suasana sejuk, melihat aliran air sungai yang tenang, membuat otak dan badan jadi relaks. 

12. Niagara Mini Ala Bondowoso

Jika kalian berkunjung ke Kawah Ijen melalui jalur Bondowoso mampirlah sejenak di niagara mini. Lokasi air terjun yang terkenal dengan sebutan niagara mini ini terletak tak jauh dari pabrik pengolahan kopi Arabika PTPN XII atau tepatnya di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol.

Share this :

First